Jumat, 09 November 2012

Kerajaan Karo


KERAJAAN - KERAJAAN YANG ADA DI TANAH KARO

Kabupaten Karo adalah salah satu kabupaten di provinsi sumatera utara,Indonesia . ibukota kabupaten  ini terletak di kabanjahe. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 2.127,25 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 500.000 jiwa. Kabupaten ini berlokasi di dataran tinggi Karo, Bukit Barisan Sumatera Utara. Terletak sejauh 77 km dari kota medaan, ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Wilayah Kabupaten Karo terletak di dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 sampai 1.400 meter di atas permukaan laut. Karena berada diketinggian tersebut, Tanah Karo Simalem, nama lain dari kabupaten ini mempunyai iklim yang sejuk dengan suhu berkisar antara 16 sampai 17° c.
Di dataran tinggi Karo ini bisa ditemukan indahnya nuansa alam pegunungan dengan udara yang sejuk dan berciri khas daerah buah dan sayur. Di daerah ini juga bisa kita nikmati keindahan Gunung berapi Sibayak dan Gunung berapi Sinabung .
Dan sebelum Indonesia merdeka dan dipimpin oleh seorang presiden, Kabupaten Karo merupakan bagian dari Kerajaan-kerajaan besar  seperti
KERAJAAN KARO
http://1.bp.blogspot.com/_1teU_ykqFvU/TUl6aCEBNzI/AAAAAAAAAIU/qJ2M4Kp0FvQ/s200/karo.png

Kerajaan Haru, lokasi kerajaan besar ini ada di Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Diperkirakan kerajaan ini berdiri sekitar abad 11-16 masehi. Kerajaan ini tumbuh dengan kerajaan sriwijaya ,kerajaan majapahit, kerajaan samudra pasai, kesultanan malaka, kesultanan johor, kerajaan ming di cina dan imperalis portugis di malaka.
Pada masa kejayaannya, selat malaka merupakan pusat perdagangan di Asia dan dikuasai  oleh kerajaan Haru ini. Putri Hijau atau She Ngena beru Sembiring Meliala (Permaisuri Kerajaan Haru) adalah salah satu tokoh terkenal di Kerajaan Haru. Kehancuran kerajaan haru ini hancur karena tidak kuat menghadapi serangan bertubi-tubi dari majapahit, sriwijaya, malaka, imperalis portugis dan samudera pasai.
Kerajaan Sanudera Pasai, Cikal bakal kerajaan ini adalah Beru Ginting pase.
Kesultanan Sunggal, Lokasi kerajaan ini berada di “Tneh Sunggal”, tepatnya di sampang PDAM medan sekarang. Kerajaan ini didirikan oleh marga Karo-Karo Surbakti. Puncak kejayaan keultanan ini terjadi pada kepemimpinan Sultan Budiuzzaman Surbakti (Datuk Item Surbakti).
Datuk sunggal ini sangat menentang pencaplokan Tanah Karo oleh Belanda, damana belanda ingin mendirikan perkebunan tembakau di Deli. Perang pun tak bias dihindarkan lagi , dalam perang sunggal rakyat karo dibantu oleh rakyat aceh (persenjataan) dan rakyat melayu.
Perang ini memakan waktu yang lama dan perang ini salah stu perang terhebat di Indonesia selain perang patimura di ambon dan perang Bubutandi bali. Belanda mengalami kerugian yang sangat besar dalam perang ini.
Kesultanan Urung 12 Kuta Hamparann Perak.
Kesultanan Deli, Lokasi kerajaan ini di kota medan. Didirikan oleh menantu sultan sunggal surbakti. Istana kerajaan ini bernama istana maimun.
Kesultanan Langkat, Didirikan oleh marga peranginangin, salah satu anggota kerajaan ini adalah pujangga Amir Hamzah Peranginangin.
Kerajaan Sibayak Lima, Sibayak dalam bahasa karo yang artinya Raja, ini artinya gunung sibayak adalah Gunung Raja. Ketika belanda memasuki wilayah karo pegunungan (Kabanjahe dan Brastagi), belanda mengalami kesulitan hal ini disebabkan karena pada saat itu tidak ada Raja yang memerintah karo Gunung. Untuk memudahkan Belanda menguasai wilayah ini maka Belanda membentuk Sibayak Lima.
Sibayak lima terdiri dari :
1.      Kerajaan lingga ,terdiri dari enam urung, yaitu :
a.       Urung XII Kuta berkedudukan di Kabanjahe
b.      Urung III Kuru berkedudukan di Lingga
c.       Urung Naman yang berkedudukan di Naman
d.      Urung Tigapancur yang berjedudukan di Tigapancur
e.       Urung Teran yang berkedudukan di Batukarang
f.       Urung Tiganderket yang berkedudukan di Tiganderket
2.      Kerajaan Barus Jahe tediri dari dua Urung, yaitu :
a.       Urung si VII yang berkedudukan di Barusjahe
b.      Urung si VI yang berkedudukan di Sukanalu
3.      Kerajaan Suka yang terdiri dari empat Urung,yaitu :
a.       Urung Suka yang berkedudukan di Suka
b.      Urung Sukapiring yang berkedudukan di Seberaya
c.       Urung Ajijahe yang berkedudukan di Ajijahe
d.      Urung Tongging yang berkedudukan di Tongging
4.      Kerajaan Sarinembah yang terdiri dari empat Urung, yaitu :
a.       Urung XVII Kuta yang berkedudukan di sarinembah
b.      Urung Perbesi yang berkedudukan di Perbesi
c.       Urung Juhar yang berkedudukan di Juhar
d.      Urung Kutabangun yang berkedudukan di Kutabangun
5.      Kerajaan Kutabuluh yang terdiri dari dua Urung,yaitu:
a.       Urung NAmohaji yang berkedudukan di Kutabuluh
b.      Urung Langmelas yang berkedudukan di Madingding



Tidak ada komentar:

Posting Komentar